Home » Uncategorized » Teori Belajar, Teori Pembelajaran, Dan Teori Perencanaan Sistem Pembelajaran

Teori Belajar, Teori Pembelajaran, Dan Teori Perencanaan Sistem Pembelajaran

Tugas II
Teori Belajar, Teori Pembelajaran, Dan
Teori Perencanaan Sistem Pembelajaran

1. Teori Belajar
a. Pengertian teori dan belajar
Teori adalah pendapat yang dikemukakan sebagai sesuatu keterangan mengenai suatu peristiwa, kejadian, dan sebagainya.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya.
b. Pengertian teori belajar
Teori belajar bersifat deskriptif yaitu teori yang mendeskripsikan apa yang sedang terjadi saat proses belajar berlangsung dan kapan proses belajar tersebut berlangung.
teori belajar bersifat deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan antara variable-variabel yang menentukan hasil belajar.
c. Kelebihan dan kekurangan teori belajar
Kelebihan: lebih terkonsep sehingga siswa lebih memahami materi yang akan disampaikan. Mendorong siswa untuk mencari sumber pengetahuan sebanyak-banyaknya dalam mengerjakan suatu tugas.
Kekurangan: kurang memperhatikan sisi psikologis siswa dalam mendalami suatu materi.
d. Macam-macam teori belajar
Ada tiga kategori utama atau kerangka filosofis mengenai teori-teori belajar, yaitu: teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitivisme, dan teori belajar konstruktivisme.
1) Teori belajar behaviorisme menekankan proses belajar sebagai perubahan relatif permanen pada perilaku yang dapat diamati dan timbul sebagai hasil pengalaman. Dengan demikian penekanan hanya pada perilaku yang dapat dilihat, tanpa memperhatikan perubahan-perubahan atau proses-proses internal apapun yang terlibat di dalamnya.
2) Teori belajar kognitivisme berpendapat bahwa belajar tidak hanya ditunjukkan oleh perubahan perilaku yang dapat diamati, akan tetapi belajar adalah perubahan struktur mental internal seseorang yang memberikan kapasitas padanya untuk menunjukkan perubahan perilaku. Dengan demikian, focus paradigma ini adalah pada potensi perilaku.
3) Teori belajar konstruktivisme memandang belajar sebagai proses konstruksi pengetahuan oleh individu berdasarkan pengalaman.
2. Teori Pembelajaran
a. Pengertian teori pembelajaran
Ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Teori pembelajaran adalah hasil pembelajaran yang diinginkan (desired outcomes) yang telah ditetapkan lebih dulu. Dengan demikian teori pembelajaran berisi seperangkap preskriptif guna mengoptimalkan hasil pembelajaran yang diinginkan di bawah kondisi tertentu. Adapun proposisi yang digunakan dalam teori pembelajaran adalah “Agar …., lakukan ini”. Sebagai contoh, “Agar perolehan belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasilah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode). Dalam proposisi teori pembelajaran, peningkatan perolehan belajar dan retensi ditetapkan sebagai hasil pembelajaran yang diinginkan, dan model elaborasi yang merupakan salah satu model untuk mengorganisasi materi pelajaran, dijadikan metode yang optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Dalam teori pembelajaran harus terdapat variabel metode pembelajaran. Oleh karena itu teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses psikologis dalam diri peserta didik. Jadi, dalam teori pembelajaran, terdapat preskripsi tindakan belajar yang harus dilakukan agar proses psikologis dapat terjadi.
Teori pembelajaran harus memasukkan variable metode pembelajaran. Bila tidak, maka teori itu bukanlah teori pembelajaran. Hal ini penting sebab banyak yang terjadi apa yang dianggap sebagai teori pembelajaran yang sebenarnya adalah teori belajar. Teori pembelajaran selalu menyebutkan metode pembelajaran sedangkan teori belajar sama sekali tidak berurusan dengan metode pembelajaran.
b. Kelebihan dan kekurangan teori pembelajaran
Kelebihan: 1) lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas. 2) banyak member motivasi agar terjadi proses belajar. 3) mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.
Kekurangan: membutuhkan waktu cukup lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s